Search This Blog

Wednesday, June 24, 2020

Humanity

HAI READERS!

     Diblog kali ini aku pengen cerita atau mungkin kesan nya ngomong sendiri tentang beberapa hal yang sepertinya emang penting banget buat diomongin dan dibahas. Aku juga berharap setelah kalian selesai baca blog ini understanding dan sisi lain dari hal tersebut menurut pendapat kalian pribadi bisa terbuka lebih luas lagi

Langsung aja sesuai judulnya yaitu "Humanity" Case soal kemanusian sepertinya sudah jadi pembahasan dan budaya dari zaman dahulu kala bahkan orang-orang yang tidak mengerti edukasi sudah mulai mempraktekkannya seperti yang kita tahu dulu manusia setelah zaman batu memakan ikan kecil dengan mengigit kepala nya dahulu agar langsung mati bukan ekornya .Fungsinya agar hewan tersebut tidak melihat bagian tubuhnya yang terpotong. Analoginya seperti ini: Mereka tidak tahu cara memasak dan memotong hewan tapi mereka bisa berfikir demikian begitu sensitifnya perkara ini hingga sampai detik ini Humanity masih terus ditelaah,dipelajari, dan dipraktekkan. Meski dalam beberapa kasus masih banyak manusia yang jelas-jelas hidup di era modernisasi namun masih Tabu mempelajarinya/mempraktekkannya.


     Humanity terkadang sering dikaitkan dengan beberapa kasus seperti Rasisme,Persoalan anarkisme hingga Diskriminasi. Padahal adakalanya Humanity bukan hanya membahas masalah pokok antar manusia saja tapi juga tentang perlakuan terhadap makhluk hidup lain seperti Hewan dan tumbuhan termasuk sekarang rasa kemanusiaan manusia terhadap lingkungan sekitar. Seiring berjalannya waktu Teknologi seolah merajai tangga kerja dunia dengan sekejap semua hal terjadi seolah ajaib hanya melalui teknologi kita bisa mudah mendengar kejadian atau inovasi terbaru apa yang terjadi didunia hanya dalam hitungan detik. Akibatnya jiwa konsumtif manusia makin meningkat tak terkecuali egoisme dalam mencari uang. Mengapa dalam hal ini kita akan mengaitkannya dengan uang? Karna Humanity sering terabaikan akibat perkara uang yang seolah segala nya dizaman sekarang.

Mari kita bedah beberapa Case Humanity yang sempat Viral!


1.Kisah Anja Ringgen Loven dan Bocah Nigeria




     Mungkin beberapa dari kita suka menafsirkan orang dari segi passion dan job nya Contohnya Seperti Loven yang terkenal sebagai Aktivis kemanusiaan tekhusus dikalangan Anak-anak. Tapi pernah kah kita melihat mereka dari segi sisi lainnya dan terlepas dari pekerjaannya? Balita yang ia beri nama "Hope" Ini ditinggalkan oleh kedua orang tuanya karna mereka mengangap ia seoarang penyihir dan membawa nasib buruk ditengah keluarga. Tubuhnya kurus dan bahkan ia tidak bisa menyeimbangkan tubuh dan kerap telunglai Loven mengadopsi nya dan kini Hope hidup dengan Aman. Beberapa orang sering berasumsi bahwa rasisme terutama di negara-negara bagian Amerika sangat kejam padahal tidak semua nya seperti itu mereka adalah satu dari sekian banyaknya Humanity yang rela membantu sesama tanpa memandang ras dan juga stratifikasi sosial. Masih banyak kok orang baik didunia tanpa harus kita asumsikan seperti dipemberitaan.

Baca juga:World problems


2.Muslim ban 




     Oke, mungkin untuk case yang kedua ini a little sensitive dan mungkin kalian pertanyakan juga kenapa aku ngebahas di point "Humanity" Karna gini menurut Aku kita hidup dizaman yang Revolusinya sudah meledak kesegala bidang dan kasus perbedaan Ras,dan Agama seharusnya bukan menjadi hambatan lagi. Karna pada hakikatnya Heterogenisme itu pasti ada "Emangnya dunia punya pribadi kelompok. tidak bukan?" Orang bisa bebas dengan pendapatanya dan kita bebas dengan pendapat kita tanpa harus menjatuhkan yang lain selama ruang lingkupnya nyambung (ngerti gak sih) Dan kenapa kita harus mendoktrin orang itu pasti teroris ketika dia berkrudung? Otomatis sisi kemanusian kita dipertanyakan disitu. Dan yang menurut aku paling lucu disaat part "We only want to admit those to our country who will support our country and love deeply our people,” Bagaimana mungkin kita menginginkan warrga negara lain menghargai kita jika kita tidak menghargai negara lain? Ya seenggaknya pada kasus ini kita harus mikir nasib anak- anak yang ditinggalkan oleh orang tua nya yang terjebak disana setidaknya lakukan untuk itu. Padahal semua kasus yang serupa seperti ini beberapa orang tidak pernah memikirkan nasib Anak-anak kecil yang tidak berdosa. dan jelas harus dipertanyakan sisi kemanusiaannya.
Dan teori apa yang mengatakan bahwa agama satu lebih baik dari agama lain dalam urusan hidup bernegara? Sehingga kita harus menstempel agama terntentu boleh diperlakukan tidak adil?


3.Gajah hamil yang tewas akibat memakan petasan




Mostly, Ini parah banget sih..

     Ini berita paling buat emosi banget yang aku baca bulan ini. Sebenernya masih banyak kasus pembunuhan dan penganiayaan binatang yang juga sempat Viral beberapa bulan terakhir dan aku rasa untuk case ini gak perlu di ceritaiin panjang lebar karna pasti udah tau juga. Intinya gini when we are blessed to be human maka jadilah manusia yang benar-benar manusia kita bisa bunuh binatang seironis itu tanpa melihat sisi lainnya. Kadang kita bisa marah besar ketika perkara tanaman kita dirusak padahal kita gak sadar hewan muncul kepemukiman juga karna habitat mereka dirusak oleh manusia. Mereka mungkin tidak bisa berkoar ria seperti yang dilakukan manusia tapi mereka juga sama butuh sumber makanan yang dirusak oleh manusia. Jadi kenapa manusia tidak sadar? Kita berbagi tempat dengan makhluk hidup lain bedanya nya kita ditakdirkan menjadi manusia bukan berarti hal tersebut bisa menjadikan kita raja dan seolah-olah menjadi pemilik bumi kita haru sadar kita hidup berkongsi dengan makhluk hidup lain.



     Ketiga contoh itu Cuman sekedar part opening untuk membuka mindset kita tentang Humanity yang banyak cabangnya. Even itu terhadap sesama manusia, Makhluk hidup lain maupun rasa empati dari Humanity tersebut sebagai Aktor utama dalam penegakan sifat tersebut penting bagi kita membuka mata seluas-luasnya. Mungkin dari hal yang kecil dulu disekeliling kita. Dan untuk sisi lain seperti yang udah disingguh diatas adakalanya beberapa spekulasi yang melibatkan manusia melupakan Humanity demi keuntungan pribadi ya walaupun kebanyakan sifat lupa terhadap kemanusiaan memang berbuntut pada kepentingan individu baik itu perkara materil ataupun hal lain.

Dulu dunia pernah dihebohkan dengan Kasus tumpahnya minyak di Teluk meksiko yang mematikan ribuan biota laut bahkan para pekerjanya. Mungkin hal ini bisa kita lihat sebagai bencana namun perlu kita ketahui bahwa setiap pengambilan sumber daya alam yang berlebihan dapat menyebabkan masalah setidaknya kita bisa melihat dari sisi kemanusian mencintai lingkungan. Namun untuk beberapa bagian yang mencintai uangnya lebih tabu akan hal ini.



Ended, Aku cuman pengen negasin kalau dunia saat ini telalu rancu dan ambisus terhadap hal yang sifatnya mendedikasikan resolusi ringan semata, banyak yang tidak melihat efek jangka panjang dan dampak dari hal yang dilakukan dari berbagai sisi dan aspek kehidupan. Mungkin kalau kita semua sadar satu sisi saja yaitu kemanusiaan dunia mungkin baik-baik saja namun kembali lagi ketika kita sudah mengerti sisi kemanusiaan pun tetap kemanusiaan terhadap apa dulu? karna kemanusiaan banyak cabangnya dan memang harus dipahami satu persatu.

Come learn from them:Situs-situs yang wajib mahasiswa ketahui


Thank you for understanding!

#what'swrongwiththeworld



Image supported bysearch image




No comments:

Post a Comment

Selalu Ada Hal Baik Dalam Proses Yang Kamu Lalui

  Hai.. Kalau kamu memutuskan untuk membuka link ini, pasti ada beberapa hal yang ingin kamu dengar, yang entah sekedar membaca atau butuh a...