Search This Blog

Sunday, April 5, 2020

Knowledge vs Experience


"What is more important is knowledge or experience?"

     Hai balik lagi bersama sharing session Nah, kali ini kita akan membahas tentang "knowladge (pengetahuan) vs experience (pengalaman). Sebenarnya mana sih yang lebih utama dan paling penting tapi sebelum itu yuk kita bahas dulu pengertian dari pengetahuan.Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki; yang lantas melekat di benak seseorang. Pada umumnya, pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan atas suatu pola. Lebih tepatnya pengetahuan adalah sesuatu yang  prosesnya lebih umum ketika belajar atau membaca buku.
Sementara Pengalaman adalah peristiwa yang dialami dalam hidup seseorang atau diri kita sendiri.

Kita sudah mendapat banyak sekali pengetahuan dari mulai kita dilahirkan. Bahkan sejak kecilpun kita sudah dibekali pengetahuan bagaimana caranya memegang sendok,mencuci tangan,dan lain sebagainya.Pengetahuan itu terus berkembang dan kita dapat hingga menduduki bangku pendidikan kita telah belajar berbagai hal dengan metode yang beragam dan buku yang beragam pula.Sampai kita mengenal yang namanya hobi "membaca".Sangat penting untuk terus menggali ilmu dengan menyerap berbagai ilmu pengetahuan. "Lantas ketika kamu sudah belajar banyak apa yang hendak kamu berikan kepada orang lain dengan pengetahuan yang kamu miliki?" kamu sendiri yang akan menjawab nya. Berbekal ilmu pengetahuan tak jarang seseorang bisa mendapat apa yang dia inginkan
kamu bisa lihat betapa banyak orang diluar sana yang hanya bermodalkan pengetahuan dipakai oleh orang lain. Hal lainnya adalah dengan memilki pengetahuan dan pendidikan tinggi sangat mudah bagi manusia untuk mencapai hal yang dia ingin kan. misalnya: pekerjaan.

Namun,cukupkah hidup hanya bermodalkan pengetahuan saja? jawabannya tentu tidak disinilah terkadang orang suka menyandingkan antara pengetahuan dan pengalaman. Ada orang bilang pengalaman adalah guru yang paling berharga. Hidup yang kita jalini pasti akan erat kaitannya dengan pengelaman kita dimasalalu terutama untuk hal yang lebih baik. Tak semua orang beruntung dalam mengecap pendidikan bisa saja beberapa diantaranya sukses karna pengalaman kita bisa lihat motivator dunia seperti Jack Ma yang mempunyai AlibabaGruop karna kegagalan nya dimasa lalu  kini ia menjadi sukses."Pernahkah kamu berkumpul dengan orang untuk membahas suatu hal?atau pernah kah kamu berkumpul dengan Sesama orang berpengetahuan?" Nah ketika bersama mereka kamu berkumpul dan bertukar pikiran  pasti kamu pernah berkata didalam hati "ooh ternyata saya masih bodoh ya". ketika mereka bercerita tengtang pengelaman-pengalamnya serta wawasan yang mereka miliki.

Dengan punya pikiran seperti itu tadi kamu sudah berhasil menemukan jawabanya bahwa tak peduli sebanyak apapun pengetahuan yang kamu miliki jika tidak diimbangi dengan pengalaman pasti akan terasa kurang.

Banyak orang yang terobsesei menjadi pandai dan memperkaya ilmu pengetahuannya dengan membaca dan hidup seolah menyendiri karna merasa tidak perlu berdiskusi dan mencari hal baru diluar. akhirnya mereka lupa untuk bersosialisasi dan mengikuti kegiatan baru. "Ada tidak dampak buruknya?" tentu ada. kamu bisa perhatikan gaya bicara dan metode kerja orang yang mengimbangi pengetahuan dengan pengalaman dengan yang tidak pasti berbeda.

"Lantas bagaimana orang yang hanya banyak pengalaman saja tanpa ilmu pengetahuan?"Jawabannya sama akan pincang sebelah juga. Contoh sederhananya seperti ini: Kamu gagal dalam sbmptn lalu kamu berdalih akan mengikutinya tahun depan tanpa belajar karna merasa ("ah kan sudah pengalaman dari tahun lalu") akhirnya kamu lupa untuk memperdalam ilmu pengetahuan kamu.walhasil ketika pengumuman selanjutnya kamu juga gagal. Maksudnya disini apa? ketika kamu menyandarkan semua nya kepada pengalaman yang telah lalu tanpa belajar sama saja dengan pasrah dong.Hal ini juga berlaku untuk semua persoalan kasus tadi hanya sebuah contoh sederhana saja agar kamu tau arti penting yang terselip didalamnya.

Kesimpulannya adalah pengetahuan dan pengalaman kedua nya sama-sama penting dan harus dibarengi dengan niat kamu tidak bisa bersandar pada pengalaman tanpa dibubuhi ilmu pengetahuan begitupun sebaliknya. Belajarlah dengan tekun dan mulai lah menabung pengalaman sebanyak mungkin tak peduli berapapun umurmu karna hal ini berlaku sampai akhir hayat kita, ketika keduanya balance pasti kita akan berpotensi menjadi orang yang berwawasan luas dan punya skill yang hebat.

"Ada tiga cara mendapatkan kebijaksanaan. Pertama adalah refleksi. Kedua adalah pembatasan. Ketiga adalah pengalaman."


#salamliterasi

16 comments:

  1. Yup setuju sama ini, pengalaman bikin kita dewasa dan pengetahuan bikin kita mudah dalam menemukan pengalaman baru. Mereka temenan, saling ngelengkapi. Kayak kita *EH :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Saling melengkapi ya kak.Hehe makasih udah berkunjung😉

      Delete
  2. Bener banget, pengetahuan dan pengalaman memang sebaiknya berbanding lurus, dan sejatinya juga kita ga boleh berhenti untuk belajar karena, pengetahuan nonformal juga bisa kita dapatkan dari pengalaman.

    ReplyDelete
  3. Sepakat, pengelaman dan pengetahuan itu sama-sama penting. Hendaknya keduanya selaras dan seimbang biar kita makin maju.

    ReplyDelete
  4. Pengalaman dan pengetahuan itu saling berkaitan. Orang yang ga paham sekalipun dia akan belajar dari pengalaman dan mencari tahu tentang pengetahuan. Tergantung niat dan usaha untuk maju aja lagi

    ReplyDelete
  5. Setuju banget saya, kak. Kedua hal itu emang sama pentingnya! Porsinya harus sama.

    ReplyDelete
  6. Setuju banget. Sama pentingnya, dan harus seimbang juga porsinya. Pengetahuan tanpa pengalaman jatuhnya sering sombong, pengalaman tanpa pengetahuan juga tidak akan berkembang

    ReplyDelete
  7. aku merasakan juga pengetahuan dan pengalaman itu perlu seimbang. Jadi kita mudah mengamalkan, orang juga tau kalau kita kompeten

    ReplyDelete
  8. Pengalaman sama pengetahuan itu emang harus banget seimbang. Apalagi dalam dunia pekerjaan, pengalaman sangatlah mahal.

    ReplyDelete
  9. Keduanya penting karena saling menunjang satu sama lain, kaaakk ndak bisa miliihh satuu

    ReplyDelete
  10. Kalau menurutku memang keduanya penting, baik pengetahuan dan pengalaman, tapi nambah pengalaman otomatis nambah ilmu juga ternyata hehe..

    ReplyDelete
  11. bener banget pengalaman itu mahalll banget harganya, sukse terus yaa jgn takut untuk mencoba hal hal baru, karena selain dpt pengalaman sekaligus dpt pengetahuan tadi semnagat selaluuuu

    ReplyDelete
  12. Kita hari ini adalah hasil dari pengetahuan dan pengalaman yang kita punya. Demikian juga orang lain. Cuma mau bilang, ada jembatan yang namanya persfektif, melihat sudut pandang lain dari apa yang kita punya, ketika berhadapan dengan pendapat orang lain yang berbeda. Right?

    ReplyDelete
  13. Salah satu situs yang sering aku kunjungi dari kuliah dulu adalah British Council. Bermanfaat banget tu situs, apa lagi bagi pecinta bahasa Inggris.

    ReplyDelete

Selalu Ada Hal Baik Dalam Proses Yang Kamu Lalui

  Hai.. Kalau kamu memutuskan untuk membuka link ini, pasti ada beberapa hal yang ingin kamu dengar, yang entah sekedar membaca atau butuh a...