Search This Blog

Sunday, December 13, 2020

Ngomongin Freedom Of Speech

 



Berbicara Freedom of speech sepertinya tidak jauh-jauh nih dengan freedom of expression. Bahkan, tak jarang orang lebih memperlihatkan freedom of expressionnya ketimbang isi dari speech (pidato) yang dia sampaikan. Kebebasan berpendapat merupakan hal yang telah lama menjadi bahan perbincangan dikalangan masyarakat. Baik konteksnya, Cara penyampaiannya, dan isu-isu yang berkaitan dengan freedom of speech tersebut. Ada sebuah quote dari William james yang mengatakan " Manusia dapat mengubah hidupnya dengan mengubah jalan fikirannya " Otomatiis jika kita merasa hidup begitu-begitu saja tanpa adanya kemajuan otomatis yang harus diubah adalah karakter dan sistem dari dalam diri kita sendiri.

Namun, saat ini Tak jarang dalam kalangan masyarakat terlalu menerapkan freedom of speech yang dapat dibilang berlebihan dan tak jarang menyebabkan perbuatan Anarkis baik fisik maupun diskriminasi sosial. Hal ini dapat kita lihat di konteks yang kecil dulu seperti yang terjadi di lingkuan sekitar kita. Anda tidak harus melulu mengatakan bahwa freedom of speech adalah hal yang berbau isu politik saja. Karena freedom of speech lebih dari pada itu. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut : 




Mengenal Freedom Of Speech


Freedom of speech atau kebebasan berpendapat adalah kebebasan yang mengacu pada ssebuah hak untuk berbicara secara bebas tanpa adanya tindakan penyerangan, sensor atau tuntutan hukum akan tetapi dalam hal ini tidak  termasuk  dalam hal untuk  menyebarkan kebencian. Merujuk pada defenisi tersebut nyatanya kebebasan berpendapat kini malah menjuru kepada hal yang berbau kebencian.

Dan kebanyakan orang ketika di komplen akan mengatakan bahwa hal tersebut tidak harus di permasalahkan karena merupakan bagian dari kebebasan berpendapat.Diera dengan rezim seperti saat ini. Berfikir kritis memang menjadi suatu keharusan jika kita tidak ingin dibodohi zaman. Ada banyak hal yang memang harus dicari tau ke-validitas nya dan ketika mengkritisi kita wajib mempunyai data yang tentunya mestilah akurat.






Manfaat Kebebasan Berpendapat


Kebebasan berpendapat memang memiliki segudang manfaat. Selain semangat dan Hak Anda sebagai manusia yang punya humans right berikut manfaat lain yang dapat Anda rasakan :

  • Aspirasi Anda tersalurkan
  • Merupakan Bagian dari HAM
  • Melatih diri menjadi lebih kritis
  • Mengukur kadar Intelektualitas
  • Dan lain-lain 




Case


Apakah Semua Kritik Itu Tergolong Freedom of Speech 


Di bagian ini yuk kita berfikir kritis dulu. Apakah menurut Anda semua kritik itu tergolong kebebasan berpendapat ? Apakah kritik yang berujung pada kasus pembullyan masih bisa dikatakan kebebasan berpendapat?

Saat ini banyak sekali kita temui di lingkungan sekitar kasus yang kelihatannya spele. Namun berakibat fatal jika dilakukan secara terus menerus. Kita mengkritik seseorang seperti cara berpakaian atau jalan hidup yang orang lain pilih dengan kata-kata yang mungkin halus namun menyakitkan. Kasus-kasus seperti ini bahkan banyak yang menyebakan kasus bunuh diri. Beberapa diantaranya tak jarang yang mengatakan " Yah, gapapa dong saya kan mengkritik di akun saya, saya punya hak untuk itu". Akan lebih baik jika kita mengenal dan paham akan tempat bagaimana bertutur kata yang baik.

Selanjutnya adalah kasus yang menstreotype suatu golongan dengan istilah yang kurang pantas. Seperti yang tengah hangat seperti saat ini. mulai dari kasus islam dan prancis, gerakan fpi, dan lain-lain. Semuanya berasumsi sebagai kasus kebebasan berpendapat namu lupa. bahwa kita tidak bisa menyamaratakan golongan itu buruk hanya karena satu dua orang saja.

Beberapa kasus diatas memang tidak dijabarkan secara terperinci. Agar tidak terjadi kesalahpahaman. Teman-teman pembaca hanya diarahkan untuk mengerti maksudnya seperti apa dan dikelola dengan pandangan sendiri. Tentunya dengan fakta yang valid dan research terlebih dahulu.

Nah, itu tadi sedikit penghantar tentang freedom of speech. Bagaimana Anda memandang Freedom of speech? Silahkan tinggalkan komentar dibawah ❤



Temukan lebih banyak bacaan pada : klik  



7 comments:

  1. Bagiku sih, Freedom of Speech itu sebaiknya menjadi cermin diri. Sebelum berucap, memang ada baiknya harus dirembukkan dengan diri sendiri sebelum mengucapkan ke orang lain.

    ReplyDelete
  2. Apakah semua kritik itu termasuk kebebasan berpendapat ?, Menurut saya sih ya. Kritik adalah kebebasan berpendapat. Yang menjadi pertanyaan adalah mana saja yang termasuk kategori kritik ?, Kritik dengan pencemaran nama baik jelas berbeda, kritik dengan penghinaan juga beda tipis sekali.
    .
    Banyak orang mengira mengambil dalih kritik padahal sedang menghina ataupun merendahkan. Kritik yang berujung ke bulying,, eeeemmm,,, ini kritik bukan sih ? kek nya bukanlah. Lebih ke arah yg lain.
    .
    Aku pernah baca kalau Kritik dan kebebasan berpendapat itu ada etikanya. Tiap ruang lingkup ada gaya nya.
    .
    Kalau kritik untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu juga saya rasa sah sah saja. Tetapi jelas ini tidak baik. Karena kebebasan berpendapat di buat untuk tujuan menuju lebih baik.

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk orang yang takut mengkritik kalau ga deket, karena takut menyinggung, apalagi omongan saya lumayan jleebb hehe

    ReplyDelete
  4. mulutmu harimau mu, gitu kan kata pepatah. sebenarnya thoughtful speech sih harusnya, semua harus dipikir kan kalau ingin dikeluarkan, cucok atau pantas tidaknya kaaannnn

    ReplyDelete
  5. Yak! Kebebasan berpendapat memang dibolehkan, tapi yang mengeluarkan komentar juga harus banget memikirkan apa yang akan dilontarkan. Jangan sampai jadi berbalik dan menyerang diri sendiri. xD

    ReplyDelete
  6. ya kebebasan berpendapat tapi tetap harus ada aturan dan mempertimbangkan dampak kedepan dari apa yang sudah di ucapkan ya put. naise ser gan!

    ReplyDelete
  7. Keren hu.lanjutkan ditunggu kunbalnya
    Salam blogging

    ReplyDelete

Selalu Ada Hal Baik Dalam Proses Yang Kamu Lalui

  Hai.. Kalau kamu memutuskan untuk membuka link ini, pasti ada beberapa hal yang ingin kamu dengar, yang entah sekedar membaca atau butuh a...